Analisis Tingkat Mobilitas Penduduk Melalui Pelabuhan Nusantara Kota Kendari
Abstract
Pelabuhan Nusantara Kota Kendari merupakan pelabuhan memiliki kaitan yang erat dengan kondisi perekonomian daerah, karena melalui pelabuhan ini kebutuhan mobilitas penduduk, dan bahan baku dalam jumlah besar. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui tingkat mobilitas penduduk di pelabuhan Nusantara Kendari yang ditinjau dari turun - naik penumpang Kendari – Raha, dan Raha – Kendari dari tahun 2012 sampai tahun 2017. (2) Untuk mengetahui faktor pendorong, dan faktor penarik yang dominan mempengaruhi tingkat mobilitas penduduk di pelabuhan Nusantara Kendari. Penelitian ini menggunakan metode analisis pengukuran dan perhitungan angka mobilitas penduduk, dan analisis kuantitatif statistik regresi liear berganda. Hasil penelitian menunjukkan, Kondisi tingkat mobilitas penduduk yang melalui pelabuhan nusantara kota kendari dengan menggunakan kapal cepat yang di kelola oleh PT. Dharma Indah, mulai dari tahun 2012 sampai tahun 2017 berdasarkan rasio turun - naik penumpang dimana diagram persentase tingkat mobilitas yang paling tinggi dalam rasio turun/keluar adalah pada tahun 2016 mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 22 %, sementara di rasio naik/masuk terdapat pada tahun 2014, 2015, 2016, dan 2017, tingkat mobilitas yang signifikan dan tertinggi yaitu 17 %. Hasil analisis regresi linear berganda, yang dominan mempengaruhi tingkat mobilitas penduduk di pelabuhan Nusantara Kendari. (a) Kendari – Raha (Turun) variabel (X1) faktor pendorong yaitu Variabel X1.1 Struktur Pekerjaan dengan nilai 0.773, sedangkan variabel (X2) faktor penarik adalah Variabel X2.1 lapangan pekerjaan dengan nilai tertinggi 0.839. (b) Kendari – Raha (Naik) variabel (X1) faktor pendorong yaitu Variabel X1.4 Situasi Politik dengan nilai tertinggi 1.377, sedangkan variabel (X2) faktor penarik adalah Variabel X2.2 Merubah Pendapatan dengan nilai 0.554.
Kata Kunci : Tingkat Mobilitas, Pelabuhan Nusantara, Faktor Faktor Mobilitas.
DOI : 10.5281/zenodo.3354832
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik (BPS), 2018. Kendari Dalam Angka Tahun 2007. Kendari.
Efendi, 1986. Perilaku Mobilitas Struktur Sosial Ekonomi.
Mantra, 1992. Mobilitas Penduduk Sirkuler Dari Desa ke Kota di Indonesia, Yogyakarta: Pusat Penelitian Kependudukan Universitas Gajah Mada.
Manullang, 2007. Menggapai Hukum Berkeadilan. Jakarta: Kompas.
Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta : Bandung.
Suranto, 2004. Manajemen Operasional Angkutan Laut dan Kepelabuhan Serta Prosedur Impor Barang. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Umar, 2000. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis - Edisi Kedua. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JAGAT (Jurnal Geografi Aplikasi dan Teknologi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Geography Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Jalan H.E.A. Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma, Halu Oleo University
E-mail: jurnal_jagat@uho.ac.id